Membaca pengukuran pada vernier caliper dengan ketelitian 0,05 mm

 artikel
loading...

Pada prinsipnya cara pembacaan pada vernier caliper dengan ketelitian 0,05 mm ini sama dengan pembacaan vernier caliper dengan ketelitian 0,1 mm. Perbedaannya adalah pada pembacaan skala nonius atau skala vernier caliper ini, maka di bawah ini diberikan contoh pemakaian alat tersebut.

vernier caliper

Penunjukkan pengukuran pada vernier caliper

Langkah pembacaanya adalah sebagai berikut:

  • Baca pada skala utama vernier. Dalam gambar di atas didapatkan bahwa angka atau garis yang berada di sebelah garis nol pada skala nonius/vernier adalah angka 19, artinya adalah 19 mm.
  • Selanjutnya perhatikan pada skala vernier atau nonius, garis mana pada skala nonius/vernier yang segaris dengan garis pada skala utama. Dalam gambar di atas adalah garis yang lima belas. Ini berarti ukuran yang ditunjukkan adalah sebesar: 15 x 0,05 mm = 0,75 mm
  • Jadi ukuran yang ditunjukkan pada gambar di atas adalah sebesar: 19 mm + 0,75 mm = 19,75 mm.

Pada gambar di bawah ini ditunjukkan suatu hasil pengukuran dengan menggunakan vernier caliper, hitunglah berapa besar ukuran yang ditunjukkan oleh vernier caliper.

Penunjukkan ukuran pada vernier caliper

Penunjukkan ukuran pada vernier caliper

Langkah pembacaannya adalah sebagai berikut:

  • Pembacaan pada skala utama kiri garis nol skala nonius adalah sebesar 137, artinya adalah 137 mm.
  • Pada skala nonius yang segaris dengan garis ada skala utama adalah garis yang ke sembilan, artinya adalah 9 x 0,05 mm = 0,45 mm.
  • Jadi ukuran yang ditunjukkan pada gambar adalah sebesar: 137 mm + 0,45 mm = 137,45 mm.

Author: 

No Responses

Comments are closed.