Macam-Macam Obeng

 artikel
loading...

Obeng adalah alat untuk mengemudi memutar sekrup dan elemen mesin laindengansistem drive kimpoi. obeng ini terdiri dari kepala atau ujung, yang bergerak dengan sekrup,mekanisme untuk menerapkan torsi dengan memutar ujung, dan beberapa cara untuk posisi dandukungan obeng. Sebuah obeng tangan khas terdiri dari menangani sekitar silinder denganukuran dan bentuk yang akan diadakan oleh tangan manusia, dan sebuah poros aksial tetap untuk pegangan, ujung yang dibentuk sesuai dengan jenis tertentu sekrup. Gagang dan porosmemungkinkan obeng untuk diposisikan dan didukung ketikadiputaruntuk menerapkan torsi.Obeng dibuat dalam berbagai bentuk, dan ujungnya dapat diputar secara manual atau denganmotor listrik atau motor lainnya.

Macam-macam obeng

Fungsi dari obeng adalah untuk memasang dan melepas sekrup dari komponen-komponen. Ada 3 jenis obeng yaitu obeng biasa, obeng offset, dan obeng tumbuk (obeng ketok). Sedangkan bila ditinjau dari penampangnya, dibedakan menjadi 2 yaitu obeng pipih (-/min) dan obeng plus (+/kembang/bintang/philip).

Obeng biasa terdiri dari tangkai dan bilah obeng. Obeng biasa digunakan untuk mengendorkan/mengencangkan sekrup atau baut sesuai ukurannya. Obeng offset mempunyai bilah yang sekaligus sebagai tangkainya dan mata pada kedua ujungnya berbentuk kembang/+/bintang/philip/ atau pipih/-/minus. Obeng offset berfungsi untuk mengencangkan baut dengan kepala beralur atau sekrup yang letaknya tidak dapat dijangkau oleh jenis obeng biasa. Obeng ketok berfungsi untuk mengeraskan/mengendorkan baut kepala yang beralur atau sekrup yang momen pengencangannya relatif lebih tinggi. Obeng ini terdiri dari tangkai dan bilah yang dapat dilepas. Bila digunakan, pilihlah bilah obeng ketok yang sesuai dengan ukuran dan bentuk sekrup atau bautnya.

Author: 

No Responses

Comments are closed.