Macam-Macam Bentuk Pahat

 artikel, kerja bangku
loading...

Bentuk pahat dibedakan menurut bentuk mata potongnya  serta ukuran panjangnya. Pahat ini mempunyai mata potong yang dibulatkan dengan badan berbentuk segi enam dan digunakan untuk meratakan bidang dan memotong pelat logam. Besar sudut mata potongnya pahat ini 60°.

Pahat Alur. Pahat alur digunakan untuk membuat alur sejajar, mata potong pahat lebih lebar dan lebih tebal dari badannya agar pahat tidak terjepit pada waktu dipergunakan.

Screenshot_91

 

Pahat Dam. Pahat dam adalah jenis pahat yang digunakan untuk memutus bahan yang akan dipotong yang sebelumnya telah dibor atau dilubangi.

Screenshot_92

 

Pahat Alur Minyak. Pahat alur minyak adalah jenis pahat untuk membuat lubang saluran minyak/pelumas pada bantalan-bantalan poros, metal-metal, bos-bos, dan sebagainya.

Screenshot_93

 

baca juga : macam-macam mesin bubut

Pahat Kuku. Pahat kuku adalah jenis pahat yang dipergunakan untuk memperbaiki kesalahan waktu pemakanan pertama mengebor (titik pusat pengeboran meleset).

Screenshot_94

Pahat Diamon. Pahat diamon adalah jenis pahat yang dipergunakan untuk membuat alur yang berbentuk V pada logam, menghaluskan sudut-sudut bagian dalam serta menyikukan sudut-sudut alur bagian dalam.

Screenshot_95

Author: 

No Responses

Comments are closed.