Langkah Pengetapan

 artikel, kerja bangku
loading...

Sebelum melakukan pengetapan, benda kerja harus dibor terlebih dahulu dengan ukuran diameter bor tertentu. Penentuan diameter lubang bor untuk tap ditentukan dengan rumus:

D = D’ – K
Di mana:
D = Diameter bor, satuan dalam mm/inchi
D = Diameter nominal ulir, satuan dalam mm/inchi
K = Kisar (gang)

Contoh:
a. Diameter lubang bor untuk mur M10 x 1,5 adalah 10 – 1,5 = 8,5 mm
b. Diameter lubang bor untuk mur W3/8″x 16 adalah 3/8″ – 1/16″ = 5/16″

Screenshot_110

Setelah dibor, kemudian kedua bibir lubang dicemper dengan bor persing di mana kedalamannya mengikuti standar cemper mur. Bentuk standar mur dan baut untuk bermacam-macan jenis sudah ditentukan secara internasional dan ini dapat ditemukan dalam buku gambar teknik mesin atau tabel-tabel mur/baut. Pemasangan tap pada batang pemutar posisinya harus tepat, ikat dengan kuat dengan jalan memutar salah satu pemegang yang berfungsi mendorong dan menarik rahang pada rumah tap. Mengetap harus dimulai dengan tap nomor 1, kemudian tap nomor 2 dan terakhir nomor 3 untuk penyelesaiannya. Pemutaran tap hendaknya dilakukan ± 270° maju searah jarum jam, kemudian diputar mundur ± 90° berlawanan arah jarum jam dengan tujuan untuk memotong tatal, selanjutnya kembalikan pada posisi awaldan putar lagi ± 270° maju searah jarum jam dan mundur lagi 90° berlawanan arah jarum jam, demikian seterusnya sampai selesai.

Selain itu tangkai tap harus ditekan seimbang dan tap harus tegak lurus benda kerja. Agar pekerjaan lebih ringan dan mata potong tap lebih awet, berikan pelumas potong (cutting fluid) pada saat mengetap (bila diperlukan). Untuk membersihkan tatal pada celah-celah alur dan mata potong tap, gunakan kuas. Untuk pekerjaan pengetapan yang presisi, pada saat pengecekan ketegaklurusan tap, tangkai tap harus dilepas terlebih dahulu. Hal ini untuk mendapatkan ketegaklurusan yang akurat.

Author: 

592 Responses

Comments are closed.