Langkah-langkah Kerja Pembuatan Cetakan

 artikel, Fabrikasi
loading...

Pembuatan model/inti dengan resin pembuatan model inti dari pasir dapat dilakukan dengan membentuk cetakan dari pola inti terlebih dahulu, yang baik cetakan pola inti dibuat dari bahan resin (fireglass). Bentuk pola (model) dibuat dari kayu sesuai dengan bentuk sebenarnya. Untuk bentuk model inti seperti dalam kebutuhan penuangan pada gambar dibawah, dimana sudah memiliki ketirusan sehingga akan mudah melepaskan model inti tersebut nantinya dari dalam cetakan, namun jika tidak dimungkinkan untuk memberikan ketirusan maka cetakan terpaksa dibagi dua atau pemotonganp emotongan cetakan sesuai dengan bentuk benda itu sendiri. Langkah-langkah kerja pembuatannya dapat dilakukan sebagai berikut :

cetakan

Cetakan fibre untuk model inti

  1. Model (pattern) initi yang telah dibentuk sesuai dengan bentuk yang dibutuhkan dihaluskan permukaannya, kehalusan permukaan ini penting dimana akan menghasilkan permukaan cetakan yang halus pula disamping akan mudah melepaskan hasil cetakan dari dalam cetakan tersebut.
  2. Poleskan “Mould release wax” (diperdagangkan dengan merk Mirror Glaze keseluruh permukaan model hingga rata dan yakinkan pori-pori dari kayu dapat tertutup dengan lapisan ini. Mould release wax berfungsi sebagai pemisah antara cetakan dengan pola, Model (pattern) sehingga cetakan akan mudah dilepas.
  3. Periapkan resin (dipasaran dikenal dengan “resin butek”). Untuk ukuran cetakan seperti pada gambar 39 diperlukan kurang lebih ¼ kg dapat dicampur dengan talk ± 10 sampai 20 % dari volumenya, kemudian diaduk hingga rata. Jika terlalu kental dapat diencerkan dengan “Stieren Monomer” secukupnya tidak terlalu encer karena akan mengurangi kekuatan hasil cetakan.
  4. Selanjutnya siapkan pula “Hardener” atau resin-katalis, biasanya kebutuhan katalis ini ± 20 sampai 25 cc tiap 1 kg resin.
  5. Lakukan poin g) dan h) ini berulang-ulang hingga mencapai ketebalan yang memadai (± 3mm). dan biarkan pda udara terbuka kira-kira 5 sampi 10 menit, kemudian
  6. Potong/rapihkan sisa serabut (Metz)yang keluar dari bentuk pola (model) dengan menggunakan pisau (cutter).
  7. Setelah benar-benar kering keluarkan model dari dalam cetakan.

Author: 

No Responses

Comments are closed.