Konstruksi Kompresor Rotari Aksial dan Radial

 artikel
loading...

Konstruksi kompresor rotari adalah sama dengan konstruksi pompa sentrifugal. Konstruksi utama dari kompresor jenis ini adalah impeler atau sudu kompresor, rumah rumah sudu, poros kompresor. Pada Gambar dibawah adalah sebuah kompresor tekanan rendah atau blower. Kompresor aksial dan radial banyak dirancang untuk melayani kapasitas udara yang besar yaitu pada industri-industri besar. Kelebihan dari kompresor jenis ini adalah dapat dibuat bertingkat tanpa banyak mengalami permasalahan.

Kompresor tekanan sedang atau blower

Kompresor tekanan sedang atau blower

Tekanan yang dihasilkan pun sangat bervariasi, untuk tekanan yang rendah sampai sedang biasanya dipakai untuk keperluan pekerjaan yang ringan, seperti untuk ventilator atau untuk sirkulasi udara. Kompresor dengan tekanan tinggi dan kapasitas yang besar akan melayani pekerjaan yang berat pula. Sebagai contoh yang paling mudah dipahami adalah pemakain kompresor pada sistem turbin gas, yaitu sebagai penyuplai udara mampat untuk proses pembakaran.

konstruksi dari kompresor aksial tingkat banyak. Kompresor ini banyak dipakai dindutri industri sebagai penghasil udara bertekanan dalam kapasitas yang besar. Rotor ditumpu dengan bantalan luncur logam putih. Sudu-sudu pengarah dipasang pada rumah sudu pengarah. Rumah bagian luar dilengkapi dengan saluran hisap dan saluran tekan. Kompresor jenis ini juga banyak diaplikasikan untuk industri turbin gas, yaitu sebagai komponen utama penyuplai udara bertekanan sebelum masuk ruang bakar. Kemampuan menghasilkan kapasitas yang besar dengan unjuk kerja yang lebih bagus dibandingkan dengan kompresor radial [gambar 9.42] menjadikan kompresor jenis ini banyak dipakai.

Author: 

No Responses

Comments are closed.