Konstruksi filter

 artikel, Fabrikasi
loading...

Filter oli mungkin terletak di beberapa tempat dalam sirkuit hidrolik. Inlet filter dipasang pada reservoir atau pada  saluran yang menuju ke pompa.
Strainer lebih banyak dipakai karena  tidak sehalus filter tekanan tinggi.

  • Filter tekanan tinggi melindungi valve yang sensitif dalam sistem Mereka biasanya terletak setelah pompa dan dapat dikenali dari  rumahannya yang sangat kedap tekanan.
  • Return line filter dipasang pada return line oli ke dalam reservoir. Sistem ini  memiliki kelemahan karena filtration dilakukan setelah oli meninggalkan  sirkuit. Jenis ini diberi rumahan tekanan rendah atau dengan jenis spin-on.

Sistem aliran penuh menyaring  seluruh suplai oli setiap kali oli  memutari sistem hidrolik. Oleh karena  itulah, jenis ini yang paling banyak dipergunakan. Aliran yang normal  adalah dari luar elemen filter menuju  ke pusat filter. Jika filter terhalang,  maka tekanan akan naik pada bagian  luar filter dan membuka bypass valve.

Macam-macam filter

Macam-macam filter

Permukaan filter / Filter Surface  Sesuai dengan namanya, maka alat ini  menangkap bahan pencemar pada  permukaan elemennya. Elemen yang digunakan biasanya berupa kertas  berpori yang dilipat-lipat untuk  memperluas permukaannya. Ini  merupakan jenis elemen filter yang  paling banyak dipergunakan.

Sistem Filter aliran partial atau filter by-pass hanya menyaring bagian dari oli yang  melintasinya. Mereka mengandalkan diri pada oli yang melaluinya dalam sistem  selama beberapa kali untuk membersihkan oli tersebut dengan baik. Jenis ini  dipergunakan dalam terapan tertentu dan memiliki keunggulan karena mampu  menyaring bahan pencemar yang sangat halus sekalipun.

Author: 

506 Responses

Comments are closed.