Konsep Dasar Pemeliharaan Mesin Industri

 artikel, perawatan dan perbaikan mesin
loading...

tujuan pemeliharaan menjaga mesin dan peralatan  terhadap kerusakan dan kegagalan mesin dalam berproduksi. Secara  umum kata pemeliharaan tidak akan terlepas dengan pekerjaan  memperbaiki, membongkar, atau memeriksa mesin secara saksama  dan menyeluruh (Maintenance, Repair, and Overhaul – MRO). Sistem  pemeliharaan sendiri mencakup pengertian memperbaiki perangkat  mekanik dan atau kelistrikan yang menjadi rusak. Pemeliharaan juga bermakna melakukan tindakan rutin guna  menjaga perangkat (dikenal sebagai pemeliharaan terjadwal) atau  mencegah timbulnya gangguan (pemeliharaan pencegahan). Jadi  MRO dapat didefinisikan sebagai, “semua tindakan yang bertujuan  untuk mempertahankan atau memulihkan komponen atau mesin  kekeadaan ideal agar dapat menjalankan fungsinya sesuai kebutuhan  perusahaan. Tindakannya mencakup kombinasi dari semua  manajerial teknis, administratif dan tindakan pengawasan yang  sesuai.”

Kurva Bathtup

Kurva Bathtup

Secara umum istilah perawatan memiliki arti sebagai berikut:  menjaga (Keep), Mempertahankan (Preserve), dan melindungi (Protect).  

  • Pekerjaan rutin berkelanjutan yang dilakukan untuk menjaga  fasilitas (perencanaan, bangunan, struktur, fasilitas tanah, sistem  utilitas, atau properti riil lainnya) dalam kondisi sedemikian rupa  sehingga dapat terus digunakan, dengan kapasitas asli rancangan  dan untuk efisiensi perusahaan sesuai tujuan yang dimaksudkan.
  • Berbagai kegiatan, seperti:tes, pengukuran, penggantian,  penyesuaian dan perbaikan yang bertujuan untuk  mempertahankan atau mengembalikan fungsi komponen/unit  dalam atau ke sistem tertentu di mana unit dapat melakukan  fungsi yang dibutuhkan perusahaan
  • Semua tindakan yang diambil untuk melindungi aset perusahaan  dari berbagai gangguan agar sistem dapat senantiasa bekerja  optimal. Kegiatannya mencakup inspeksi, pengujian, pelayanan,  klasifikasi untuk servis, perbaikan reklamasi, membangun  kembali, dan semua tindakan pasokan dan perbaikan yang  diambil untuk menjaga kekuatan dalam kondisi untuk  melaksanakan misinya.

Author: 

No Responses

Comments are closed.