Konsep Dasar CAD

 artikel, Gambar teknik, perancangan
loading...

Perkembangan teknologi informasi saat ini sudah sangat pesat dan hal ini sangat berdampak terhadap kegiatan yang menunjang perkerjaan kita sehari-hari. Dalam bidang perancangan dan pengembangan produk perkembangan teknologi informasi sudah sangat terasa dampaknya yaitu dengan ditandai banyak bermunculan software-software yang mempermudah dan membantu kita dalam memecahkan permasalahan yang ada dalam bidang perancangan, mulai dari tahapan perencanaan (planning) sampai dengan tahapan produksi (Production Ramp Up).

Tahapan perencanaan terutama dalam bidang desain produk saat ini sudah banyak software yang menunjang kegiatan tersebut yang dalam hal ini yaitu software CAD (Computer Aidded Design). Beberapa pabrikan software CAD saat ini berlomba untuk dapat bersaing di industri manufaktur antara lain adalah: Autodesk, Dessault System, dan Wildfire, yang masing-masing mengeluarkan produk unggulannya. Namun pada prinsipnya mereka itu sama yaitu merupakan sebuah alat bantu dalam membuat perencanaan desain dan gambar kerja. Salah satu software yang sudah banyak digunakan di dunia pendidikan adalah AutoCAD.

Satuan Ukuran dalam AutoCAD

Masalah ukuran merupakan hal yang paling sering membuat pemakai AutoCAD menjadi bingung. Pada saat kita menggambar di layer kerja AutoCAD, satuan yang kita gunakan bukanlah mm, cm, inch, atau feet. Satuan yang dikenal pada saat kita menggambar adalah satuan dengan nama drawing unit. Jadi pada saat kita memasukkan ukuran 10, ukuran yang dimaksud di sini adalah 10 drawing unit, bukan 10 mm, 10 cm atau 10 feet. Pada saat kita akan melakukan proses mencetak gambar, barulah kita disuruh untuk menentukan satuan apa yang akan kita gunakan. Jika kita sudah menentukan satuan yang hendak digunakan, autoCAD secara otomatis akan mengkonvensi satuan drawing unitnya ke satuan yang kita hendaki. Masalah ini akan di bahas tuntas dalam bab Mencetak Gambar.

Author: 

No Responses

Comments are closed.