Komposis Baja Perkakas

 artikel, Ilmu Bahan
loading...

Baja perkakas panas adalah bahan yang dipakai untuk proses pengerjaan panas seperti pada pengecoran cetak, ekstrusi, untuk bilah penggunting, dan untuk cetakan penempaan panas yang dipakai pada temperature tinggi, dsb.

BO 013

BO 013

Kandungan karbon (C) 0,7 ÷ 1,4 %. Baja perkakas dibuat dalam kondisi yang terkontrol secara hati-hati untuk menghasilkan mutu yang diinginkan. Pada baja-baja ini kandungan manganese dijaga serendah mungkin untuk memperkecil kemungkinan terjadinya retakan selama pendinginan.

Komposisi yang umum dari baja karbon yang digunakan untuk membuat baja perkakas adalah: Karbon (C) 1,0% ; Sulfur (S) 0,04%; Manganese (Mn) 0,3% ; Fosfor (P) 0,04% ; Silisium (Si) 0,25%.

Baja perkakas dibuat dalam berbagai kelas untuk berbagai aplikasi. Pilihan kelas yang dipilih bergantung dari keperluan, seperti contohnya ujung pemotongan yang tajam atau tidak tajam, seperti pada stempel, atau tool yang harus menahan beban dan kondisi pelayanan seperti yang terjadi pada hand tools misalnya kampak, pick, dan perkakas penggali batu. Kelas karbon yang lebih tinggi digunakan untuk aplikasiaplikasi seperti stempel, alat-alat pemotong logam, dsb.

Pemanasan yang diberikan untuk baja perkakas adalah dengan temperatur dari 7600 ÷ 8200 C dengan pendinginan air dan diikuti dengan penemperan dari 1500 ÷ 3200C bergantung pada kekerasan dan kekuatan yang diperlukan. Kekerasan yang diperlukan setelah penemperan berkisar antara 58 ÷ 64 H Rc.

Author: 

No Responses

Comments are closed.