Kerusakan pada Fin Radiator

 artikel, Fabrikasi
loading...

Jika level coolant sudah benar kemudian periksalah radiator. Periksalah radiator dari kotoran atau sesuatu yang menyumbat core atau fin sehingga menyebabkan aliran udara yang melewati radiator dapat terhambat. Untuk melakukan pemeriksaan core gunakanlah senter untuk menyinari radiator dan jika cahaya tidak dapat menembus radiator maka kemungkinan terjadi penyumbatan pada radiator.

Fin radiator

Periksalah kisi – kisi pada radiator jika terjadi kerusakan atau bengkok yang dapat menghambat aliran udara serta perikasalah kebocoran pada radiator. Pada engine untuk aplikasi truck yang mempunyai penutup (shutter) untuk radiator perlu diperiksa jika terjadi macet dalam kondisi tertutup(stuck closed).

Pakailah alat radiator fin comb untuk meluruskan kebengkokan dan juga untuk membersihkan kisi – kisi. Kemudian gunakan udara bertekanan untuk membersihkan potongan – potongan material kecil atau kotoran dari core radiator.

Periksalah aliran udara pada sisi masuk dan keluarnya udara yang melewati radiator. Pemasangan yang tidak benar dan tersumbat radiator oleh kotoran dapat berakibat pada kurangnya aliran udara untuk pendinginan coolant di dalam radiator yang dapat menyebabkan terjadinya overheating pada engine.

Author: 

No Responses

Comments are closed.