Karakteritik bahan bakar cair minyak bumi

 artikel
loading...

Bahan bakar cair adalah bahan bakar mineral cair yang diperoleh dari hasil tambang pengeboran sumur minyak bumi, dan hasil kasar yang diperoleh disebut dengan minyak mentah atau crude oil. Hasil dari pengolahan minyak mentah ini akan menghasilkan bermacam bahan bakar yang memiliki kualitas yang berbeda-beda. Di banyak negara, termasuk Indonesia, minyak merupakan bahan bakar yang telah lama dipakai oleh masyarakat dalam kehidupan sehari–hari. Sebelumnya, lebih banyak digunakan istilah minyak tanah, yang artinya minyak yang di hasilkan dari dalam tanah.

Screenshot_61

Proses pengolahan minyak bumi

Minyak bumi merupakan bahan-bakar utama sejak pertama kali ditemukan. Laju pemakaiannya sejalan dengan perkembangan teknologi. Untuk memperoleh bahan bakar yang siap pakai seperti bensin, solar, minyak tanah dan lainnya, minyak bumi harus melalui proses pengolahan terlebih dahulu.Minyak bumi mentah banyak mengandung senyawa gabungan dari hidrogen dan karbon. Unsur yang dapat terbakar adalah karbon dan hirogen sedangkan yang lainnya adalah pengisi, seperti belerang, oksigen, dan nitrogen. Pengoperasian fisik dari kilang minyak seperti: penguapan, penggesekan, dan pendinginan untuk menentukan jenis hidrokarbon yang besar karena dalam material tersebut merupakan bagian yang penting dalam minyak, tetapi pengoperasian secara kimiawi, seperti: pengilangan dan penyaringan, hal ini dilakukan untuk mengelompokkan senyawa belerang, oksigen dan nitrogen, dengan metode yang sama seperti sejumlah hidrokarbon aktif untuk menyediakan senyawa-senyawa tersebut. Yang perlu mendapat perhatian adalah
senyawa belerang yang dalam proses pembakaran sangat korosif terhadapap material logam. Dengan alasan tersebut, kandungan belerang pada minyak cair harus diminimalkan atau dihilangkan sama sekali. Namun terkadang dengan adanya belerang efek pelumasan dari minyak cair tersebut adalah baik, khususnya untuk aplikasi pada motor dua langkah.

Screenshot_62

Proses destilasi bahan-bakar cair

Author: 

No Responses

Comments are closed.