jenis mesin bubut

 artikel, Mesin Bubut
loading...

Mesin Bubut adalah suatu mesin yang umumnya terbuat dari logam,  gunanya membentuk benda kerja dengan cara menyanyat, dengan gerakan utamanya berputar. Proses bubut adalah proses pemakanan benda kerja yang  sayatannya dilakukan dengan cara memutar benda kerja kemudian dikenakan pada  pahat yang digerakkan secara translasi sejajar dengan sumbu putar dari benda  kerja

Untuk melihat jenis dari mesin bubut kita bisa melihat ukuran panjang dari mesin bubut berikut ini.

1. Mesin Bubut Ringan

Mesin Bubut Ringan

Mesin bubut ringan dapat diletakkan di atas meja dan mudah dipindahkan sesuai dengan kebutuhan, benda kerjanya berdimensi kecil (mini). Jenis ini umumnya digunakan untuk membubut benda-benda kecil dan biasanya dipergunakan untuk industri rumah tangga (home industri). Panjangnya mesin umumnya tidak lebih dari 1200 mm, dan karena bebanya ringan dapat diangkat oleh satu orang.

2. Mesin Bubut Sedang

Mesin Bubut Sedang

Jenis mesin bubut sedang dapat membubut diameter benda kerja sampai dengan 200 mm dan panjang sampai dengan 100 mm cocok untuk industri kecil atau bengkel-bengkel perawatan dan pembuatan komponen. Umumnya digunakan pada dunia pendidikan atau pusat pelatihan, karena harganya terjangkau dan mudah dioperasikan.

3. Mesin Bubut Standar

ulir otomatis

Jenis mesin bubut mesin bubut standar disebut sebagai mesin bubut standar karena disamping memiliki komponen seperti pada mesin ringan dan sedang juga telah dilengkapi berbagai kelengkapan tambahan yaitu keran pendingin, lampu kerja, bak penampung beram dan rem untuk menghentikan mesin dalam keadaan darurat.

Author: 

One Response

Comments are closed.