Jenis-jenis pekerjaan dengan mesin ketam tangan

 artikel
loading...

1. Pemasangan pisau pada poros 

Balikkan mesin ketam dan lepaslah baut-baut penjepit pisau dengan kunci pembuka. Tarik dan keluarkan bautbaut penjepit pisau dari poros mesin dan bersihkan. Ganti apabila pisau sudah majal dengan yang tajam. Gunakan kumparan pelurus sebagai pedoman. Letakkan kumparan merata pada pelat dasar belakang. Putarlah poros pisau dan tekanlah kemunculan pisau. Kencangkan penjepitnya. Kemunculan pisau maksimum 1 mm. ketebalan serutan tatal dapat diatur mulai dari 0 atau tidak menyerut sampai maksimum 1 mm dengan tombol pegangan depan.

Screenshot_66

(a) dengan alur pengaman, (b) dengan lubang baut penjepit, (c) dengan laur pengaman pada konstruksi pisau balik

2. Mengetam lurus
Pemotongan harus mengambil arah serat kayu. Pada benda kerja yang lebar sebaikanya serutan tatal tipis agar pisau dan kerja motor tidak bertambah bebannya. Jepitlah benda kerja pada meja kerja, hidupkan mesin dan mulai mengetam. Pegang tombol pegangan depan sebagai kemudi dengan tangan kiri dan pegangan belakang sebagai pendorong dengan tangan kanan. Pada waktu arus dimatikan, tunggu sampai poros berhenti sebelum diletakkan diatas meja.

Screenshot_67

gambar pisau ketam dan arah serat kayu, a.serat lurus, b.melawan serat miring, c.memotong serat miring

3. Mengetam sponing

Pengantar parael disematkan pada lubang muka mesin dan dijepit dengan baut penjepit. Lebar sponing maksimal adalah lebar poros mesin dan kedalaman sponing yang dibuat sesuai ukuran bebas sisi samping.Atur kedudukan pisau dan ketebalan tatal. Lebar sponing diatur dengan menggunakan pengantar pararel. Nyalakan mesin dan dan jalankan diatas benda kerja dengan pengantar pararel selalu bergeser pada sisi samping benda kerja.

4. Mengetam miring
Pada pengetaman miring diperlukan pengantar miring sehingga pada plat pararel dipasang pelat bersudut.

Author: 

No Responses

Comments are closed.