Jenis Jangka dalam Gambar Teknik

 artikel
loading...

Screenshot_88

  1. Jangka tusuk. terbuat dari baja perkakas, kedua kakinya runcing dan dikeraskan sedangkan bagian atasnya diberi pegas dan pegangannya di kartel. Untuk menyetel lebar jangka dapat dilakukan dengan memutar mur penyetel. Jangka ini cocok untuk pemindah ukuran dari sebuah mistar untuk kemudian membuat sebuah lingkaran pada bidang permukaan benda kerja.
  2. Jangka tongkat digunakan untuk menggambar lingkaran yang besar pada bidang permukaan (plat), jarum tongkat dapat digeser-geser kedudukannya sesuai dengan besar jari-jari yang dikehendaki.
  3. Jangka garis digunakan untuk menarik garisgaris sejajar dengan salah satu bidang yang telah dikerjakan. Jangka ini terbuat dari baja perkakas yang dikeraskan, salah satu kakinya runcing sebagai penggores sedang yang lainnya dibuat puncak rangkap sebagai titik tangkap.
  4. Jangka bengkok terbuat dari baja perkakas yang kedua ujung kakinya disepuh. Jangka ini dipergunakan untuk mengambil ukuran bidang luar (tebal/diameter) dan memeriksa kesejajaran bidang

 

Author: 

No Responses

Comments are closed.