Hose dan Clamp

 artikel
loading...

Hose harus diikat (clamp) dengan benar  karena jika dalam pemasangan dan pengencangan clamp tidak benar dapat menyebabkan kavitasi erosi. Dalam pemasangan hose hal yang perlu di perhatikan adalah jangan mengencangkan clamp terlalu rapat. Kencangkan clamp sampai menggigit lapisan karet pada hose. Jika clamp samapi merobek lapisan karet hal itu menunjukkan clamp terlalu kencang. Penggantian hose dilakukan ketika hose mengalami kerusakan atau bocor dan saat telah mencapai scheduled service interval. Ingat bahwa semua hose yang dipakai pada sistem pendingin dibuat dengan material yang sama dan dioperasikan dalam lingkungan yang sama. Maka, jika ada salah satu hose yang mulai bocor, gantilah semua hose. Atau jika menggunakan scheduled service interval, rekomendasi penggantian hose adalah setiap tiga tahun atau 4000 jam.

Hose clamp

Kadangkala sulit untuk memeriksa kondisi hose karena umumnya hose dicat untuk memudahkan memeriksa jika hose mengelupas atau retak. Ketika sistem pendingin temperaturnya sudah tidak panas dan tekanan dalam system sudah rendah, peganglah hose jika hose terasa tidak keras (empuk) maka hose perlu diganti. Beberrapa faktor yang menyebabkan hose menjadi lembek antara lain: jika di dalam radiator atau sistem pendingin terdapat oli akan membuat inner liner hose akan lembek atau umur dari hose sudah terlalu lama dan inner liner di dalam hose sudah rusak.

Inner liner di dalam hose yang rusak dapat terbawa dan ikut bersirkulasi dengan coolant sehingga dapat menghambat aliran coolant di dalam system pendingin. Hal ini sering terjadi tetapi karena tidak menimbulkan kebocoran maka masalah ini sulit untuk di temukan khususnya pada saat melakukan troubleshooting dengan masalah overheating.

Pada aplikasi yang menggunakan pemanas (heater) saat musim panas pastikan valve pada saluran pemanas pada posisi ―OFF‖ sehingga tidak ada tekanan pada hose untuk saluran pemanas. Jika hose pada saluran pemanas kendor akan menyebabkan coolant system pendingin akan bocor melalui hose tersebut. Pastikan semua hose pada system pendingin dan pada hose untuk saluran pemanas selalu dalam kondisi bagus

Author: 

No Responses

Comments are closed.