Hal yang harus diperhatikan dalam proses pembengkokan pelat

 artikel, Fabrikasi
loading...

Penerapan proses bending ini banyak digunakan untuk pembuatan body atau cover mesin-mesin. Cover mesin-mesin ini biasanya dikerjakan dengan proses bending yakni dengan melipat sisi-sisi tepi pelat, sehingga pelat menjadi lebih kaku dan ringan. Cover mesinmesin ini dapat dengan mudah dibongkar pasang. Kondisi ini dirancang untuk mempermudah proses penggantian atau perawatan mesin tersebut. Aplikasi lain dari sistem bending ini dapat dilihat pada body-body mesin dan kenderaan seperti: Body kereta api, body truck, body alat-alat berat, body mesin-mesin pertanian dan sebagainya.

Aplikasi proses tekuk

Aplikasi proses tekuk

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam proses pembengkokan pelat Hasil pembengkokan pelat yang baik dapat dihasilkan dengan mempertimbangkan hal-hal sebagai berikut:

  1. Sebelum melakukan proses pembengkokan pelat Mesin pembengkok harus diperiksa terlebih dahulu terutama dies, atau sepatu pembentuk, sudut pembengkokan yang diinginkan.
  2. Tadailah sisi bagian tepi pelat yang akan dibengkokkan.
  3. Posisi tanda pembengkokan ini harus sejajar dengan dien pembengkok.
  4. Penjepitan pelat harus kuat
  5. Atur sudut pembengkokan sesuai dengan sudut pembengkokan yang dikehendaki
  6. Sesuaikan dies landasan dengan bentuk pembengkokan yang diinginkan.
  7. Mulailah proses pembengkokan dengan memperhatikan sisisisi yang akan dibengkokan, hal ini untuk menjaga agar lebih dahulu mengerjakan posisi pelat yang mudah.
  8. Jika ingin melakukan pembengkokan dengan jumlah yang banyak buatlah jig atau alat bantu untuk memudahkan proses pembengkokan. Jig ini bertujuan untuk memudahkan pekerjaan sehingga menghasilkan bentuk pembengkokan yang sama

Author: 

One Response

Comments are closed.