Geometri Pahat Bubut

 artikel, kerja bangku
loading...

Geometri/bentuk pahat bubut terutama tergantung pada material benda kerja dan material pahat. Untuk pahat bubut bermata potong tunggal, sudut pahat yang paling pokok adalah sudut beram (rake angle), sudut bebas (clearance angle), dan sudut sisi potong (cutting edge angle). Sudut-sudut pahat HSS dibentuk dengan cara diasah menggunakan mesin gerinda pahat (Tool Grinder Machine). Sedangkan bila pahat tersebut adalah pahat sisipan (insert) yang dipasang pada tempat pahatnya, geometri pahat dapat dilihat pada Gambar. Selain
geometri pahat tersebut pahat bubut bisa juga diidentifikasikan berdasarkan letak sisipotong (cutting edge) yaitu pahat tangan kanan (Right-hand tools) dan pahat tangan kiri (Left-hand tools).

Geometri pahat bubut HSS

Geometri pahat bubut HSS (pahat diasah dengan mesin gerinda pahat)

Pahat bubut di atas apabila digunakan untuk proses membubut biasanya dipasangpada pemegang pahat (tool holder). Pemegang pahat tersebut digunakan untuk memegang pahat dari HSS dengan ujung pahat diusahakan sependek mungkin agar tidak terjadi getaran pada waktu digunakan untuk membubut lihat Gambar 6.9. Untukpahat yang berbentuk sisipan (inserts), pahat tersebut dipasang pada tempat pahat yang sesuai.

Pemegang pahat HSS

Pemegang pahat HSS

Author: 

No Responses

Comments are closed.