Generator Asetilen

 artikel, Fabrikasi
loading...

Generator asetilen merupakan alat yang digunakan untuk memproduksi asetilen melalui proses reaksi kalsium karbida dengan air. Proses kerja generator relatif sederhana, yaitu dengan jalan mempertemukan kalsium karbida dengan air secara proporsional yang selanjutnya akan diikuti dengan
terjadinya reaksi sehingga menghasilkan gas asetilen. Pemakaian generator dalam memproduksi asetilen masih terbilang banyak, terutama di daerah yang jauh dari industri asetilen atau daerah terpencil. Keuntungan penggunaan generator dapat menekan biaya operasional bila dibandingkan dengan pemakaian asetilen dalam botol. Namun kelemahan yang dimiliki ialah tekanan asetilen lebih labil dibandingkan dengan asetilen dalam botol

Screenshot_136

Generator asetilen dapat dikelompokkan atas beberapa jenis sesuai menurut kapasitas, pelayanan, cara kerja, dan tekanan.

  • Berdasarkan Kapasitas (Daya) Menurut kapasitas, yaitu jumlah ()liter atau m3) gas yang dapat diproduksi setiap jam, generator dapat digolongkan kedalam beberapa tingkat, seperti; 0,8; 1,25; 2; 3,2; 5; 10; 20; 40; dan 80 m3/jam.
  • Berdasarkan Pelayanan Berdasarkan pelayanan, generator asetilen dapat dibedakan atas:
  1. Generator portable (yang dapat dipindah-pindahkan), biasanya yang berukuran kecil dan berkapasitas antara 30 s/d 600 Cu.ft/jam (1 Cu.Ft = 0,028 m3).
  2. Generator stasioner (tetap), ialah generator yang digunakan untuk industri-industri besar.
  3. Berdasarkan Proses/Cara Kerja Yang dimaksud dengan cara kerja di sini adalah sistem pembentukan asetilen di dalam generator.

Author: 

No Responses

Comments are closed.