Gambar Bentangan Dengan Metode Garis Radial

 artikel, Gambar teknik
loading...
Screenshot_69

Kerucut dan Gambar Bentangannya

Pembuatan Gambar Bentangan Dengan Metode Garis Radial Cara membuat gambar bentangannya:

  1. Buat lebih dulu gambar proyeksinya, gambarlah dari tampak muka, beri tanda ujungnya dengan O.
  2. Bayangkan bila kerucut/piramid digelindingkan sesuai arahanak panah, maka akan terbentuk bentangan permukaan kerucut pada bidang datar. Karena garis tengah kerucut tidak sama ukurannya, maka kerucut akan menggeliding membentuk lingkaran radial. Gambar bentangan menjadi seperti yang tampak pada gambar 1. Perhatikan titik-titik 1,2 sampai 7. Garis-garis dari titik O ke titik 1-7 , sering disebut garis radial, pada bidang permukaan kerucut akan membantu dalam membuat gambar bentangan.
  3. Bagilah lingkaran bawah dari kerucut menjadi beberapa bagian yang sama, misalnya menjadi 12 bagian. Bila telah memahami proyeksi , boleh saja dibagi menjadi berapa saja, dan tidak harus sama, hanya secara teknis sering lebih sulit. Bila dibuat garis masing-masing dari titik 0 ke titik-titik 1 sampai tuju . maka pada bidang permukaan kerucut akan ada 12 garis, hanya setengahnya yang dapat dilihat dari tampak depan dari kerucut.
  4. Perhatikanlah bahwa panjang garis yang terlukis di atas, tidak mempunyai panjang yang sama. Ini diakibatkan posisi bidang kerucut yang sebenarnya tidak sejajar dengan bidang gambar atau bidang proyeksi. Permasalahannya garis mana yang mewakili untuk melukiskan radius lingkaran bawahkerucut. Untuk membuat gambar bentangannya, pilihlah sebuah garis yang paling tepi, yang panjangnya sudah benar, gunakan untuk membuat lingkaran yang berpusat di O, titik O dapat dipilih dimana saja. Pemilihan titik O seperti pada gambar, diambil praktisnya saja. Cara ini sering justru menyulitkan pengaturan tata letak gambar.
  5. Ukurlah tali busur pada lingkaran bawah, misal dari titik 2 ke 3, pindahkan ke lingkaran yang telah dibuat sebelumnya, berulang-ulang sehingga diperoleh titik 1, 2, …..,1. Maka garis O-1T, merupakan garis awal dan garis akhir yang nanti akan menyatu membentuk kerucut bila gambar bentangan yang dibuat, diubah jadi mal, digulung kembali.

Author: 

No Responses

Comments are closed.