Fungsi dan Macam-Macam Ring Pegas

Ring pegas berfungsi sebagai alat penjamin, misalnya pemasangan poros dan bantalan pada blok mesin. poros dan roda gigi pada gearbox atau poros utama mesin bubut, pemasangan katup pada kepala silinder, pemasangan pena torak suatu motor. Ring pegas selain berfungsi sebagai alat penjamin juga berfungsi sebagai penahan kebocoran kebocoran saat kompresi atau ekspansi suartu motor bensin atau motor diesel yang dikenal dengan nama ring seher.

Jika ring pegas digunakan sebagai alat penjamin poros dan bantalan atau roda gigi, maka ring pegas harus dapat menerima yaga aksial yang ditimbulkan oleh poros atau bantalan tersebut. Ring pegas harus dapat mengimbangi gaya aksial yang menyebabkan tegangan geser dan tekanan bidang.Oleh kerena itu bahan ring harus dipilih dari bahan baja yang kuat yaitu baja yang dikeraskan.

Macam macam ring pegas

Ditinjau dari alur tempat kedudukannya, ring pegas terdiri dari :
– Ring pegas luar
– Ring pegas dalam
Ditinjau dari konstruksinya ring pegas terdiri atas :
– Ring pegas tanpa lubang kunci
– Ring pegas luar dengan lunbang kunci
– Ring pegas dalam dengan lubang kunci
– Ring pegas V
– Ring pegas penjamin mur baut
– Ring seher

Macam macam ring

Untuk menjamin atau mengikat ujung poros dengan alat alat transmisi lainnya misalnya dengan roda gigi atau roda ban atau poros dengan bantalan , dalam hal ini supaya roda gigi atau roda ban tersebut tidak lepas atau tidak bergeser maka pada leher poros selain dipasang pasak juga dibuat alur sebagai tempat untuk ring pegas. Pemasangan ring pegas dapat dilihat gambar berikut

Pemasangan ring pegas pada ujung poros
Ukuran Ring Pegas [mm]