Diagram panjang sejati (true length)

 artikel, Gambar teknik
loading...

Guna membuat pembentangan permukaan samping obyek, seringkali diperlukan penentuan panjang sejati garis miring yang menggambarkan rusuknya. Metode umum untuk menentukan panjang sejati garis landai pada semua koordinat bidang proyeksi telah dijelaskan teperinci sebelumnya. Apabila perlu membentangkan permukaan untuk menemukan panjang sejati sejumlah rusuk atau sejumlah elemen, sesuatu kekacauan dapat dihindarkan dengan membuat diagram panjang sejati, berbatasan dengan panjang ortografik. elemen digulingkan dalam kedudukan sejajar dengan bidang F (depan) sehingga panjang sejatinya terlihat dalam diagram. Pelaksanaan ini mencegah tampang muka dalam ilustrasi menjadi kusut oleh garis, beberapa diantaranya menggambarkan elemen dan yang lain akan menggambarkan panjang sejatinya.

Diagram panjang sejati

Memperlihatkan diagram yang memberikan panjang sejati rusuk piramida. Setiap garis yang menggambarkan panjang sejati rusuk merupakan hipotenusa segitiga lurus, yang tingginya adalah tinggi rusuk dalam tampang muka dan yang dasarnya sama dengan panjangproyeksi rusuk dalam tampang atas. Panjang proyeksi atas rusuk piramida diukurkan mendatar dari garis vertikal, yang sebenarnya dapat ditarik dalam sembarang jarak dari
tampang muka. Karena semua rusuk yang mempunyai tinggi yang sama, maka garis ini merupakan kaki vertikal bersama bagi semua segitiga siku dalam diagram. sebenarnya dapat dibuat dengan sangat baiknya dengan memakai metode ini.

Author: 

No Responses

Comments are closed.