Dapur Listrik Induksi

 artikel, Fabrikasi
loading...

Konstruksi dari Dapur ini berbentuk bejana yang disekelilingnya dililiti oleh kawat kumparan dari tembaga yang biasanya disebut dengan lilitan primer. Dapur induksi dapat dibedakan atas dapur induksi frekuensi rendah dan dapur induksi frekuensi tinggi. Pada dapur induksi dibangkitkan suatu arus induksi dalam cairan baja sehingga menimbulkan panas dalam cairan baja itu sendiri, sedangkan dinding dapurnya hanya menerima pengaruh listrik yang kecil saja.

Skema Dapur Induksi

Skema Dapur Induksi

Dapur induksi frekuensi rendah, bekerja menurut prinsip transformator. Dapur ini berupa saluran keliling teras dari baja yang beserta isinya dipandang sebagai gulungan sekunder transformator yang dihubungkan singkat, akibat hubungan singkat tersebut di dalam dapur mengalir suatu aliran listrik yang besar dan membangkitkan panas yang tinggi. Akibatnya isi dapur mencair dan campuran-campuran tambahan dioksidasikan.

Dapur induksi frekuensi tinggi, dapur ini terdiri atas suatu panci yang diberi kumparan besar di sekelilingnya. Apabila dalam kumparan dialirkan arus bolak-balik, maka terjadilah arus putar didalam isi dapur. Arus ini merupakan aliran listrik hubungan singkat dan panas yang dibangkitkan sangat tinggi, sehingga mencairkan isi dapur dan campuran bahan tambahan yang lain serta mengkoksidasikannya. Hasil akhir dari dapur listrik / dapur induksi disebut baja elektro yang bermutu sangat baik untuk digunakan sebagai alat perkakas misalnya pahat, alat tumbuk dan lain-lainnya.

Author: 

No Responses

Comments are closed.