Dapur Listrik Busur Cahaya

 artikel, Fabrikasi
loading...

Dapur listrik digunakan untuk pembuatan baja dengan bahan baku besi kasar cair dan ditambah dengan baja-baja bekas. Dapur ini mempunyai keuntungan-keuntungan yaitu sebagai berikut :

  • Dalam waktu singkat dapat mencapai temperatur yang tinggi, dan juga temperaturnya mudah untuk diatur.
  • Dapat menghasilkan sumber kalor yang bersih dan tidak mempengaruhi susunan/struktur dari besi.
  • Praktis tidak ada pengaruh udara luar (oksigen).

Sedangkan kekurangannya adalah biaya operasionalnya lebih mahal dan harga perlengkapannya juga lebih mahal. Dapur listrik ini dibedakan menjadi 2 macam yaitu :

  1. Dapur Listrik Busur Cahaya.
  2. Dapur Listrik Induksi.

Dapur Listrik Busur Cahaya adalah peralatan yang digunakan untuk proses pembuatan logam / peleburan logam, dimana besi bekas dipanaskan dan dicairkan dengan busur listrik yang berasal dari elektroda ke besi bekas di dalam dapur. Ada dua macam arus listrik yang bisa digunakan dalam proses peleburanbaja pada dapur listrik busur cahaya yaitu arus searah (Direct – Current ) dan arus bolak – balik ( Alternating – Current). Dan yang biasa digunakan dalam proses peleburan adalah arus bolak-balik dengan 3 fase menggunakan electroda graphite. Salah satu kelebihan dapur listrik busur cahaya dari basic oxygen furnance adalah kemampuan dapur listrik busur cahaya untuk mengolah besi kasar menjadi 100 % baja cair. Sedangkan kapasitas porduksi dari dapur listrik busur cahaya bisa mencapai 400 ton

Skema penampang dapur busur listrik

Skema penampang dapur busur listrik – arus bolak balik

Dapur listrik ini dikembangkan oleh Dr. Paul Heroult ( USA ). Dapur busur listrik Heroult yang pertama dibuat untuk memproduksi baja, dibangun oleh Halcomb steel company di Syracuse, New York pada tahun 1906.

Author: 

No Responses

Comments are closed.