Coolant Conditioner Element

 artikel
loading...

Beberapa aplikasi engine dilengkapi dengan replaceable coolant conditioner element Gambar dibawah. Conditioner element terdiri dari corrosion inhibitor yang berfungsi untuk melindungi system pendingin engine.

System yang menggunakan conditioner element memerlukan initial fill element yang dilakukan pada saat pengisian system pendingin pertama kali. Selama normal service interval menggunakan maintenance element.

Coolant conditioner element

Coolant conditioner element

Coolant filter terdiri dari sebuah filter element dan sebuah tempat untuk larutan kimia yang akan larut ke dalam coolant selama periode waktu tertentu. Larutan kimia digunakan untuk memastikan bahwa level konsentrasi yang tepat selama periode waktu tertentu.

Filter juga berfungsi untuk menjaga kondisi acid-free dari coolant selama larutan kimia larut secara perlahan. Sebagaimana filter yang memiliki bypass, hanya sebagian kecil dari coolant bersirkulasi melalui filter, tetapi seiring dengan berjalannya waktu semua coolant pernah melalui filter. Sebuah hose filter biasanya terpasang pada sisi yang bertekanan sebagai contoh: block dan thermostat housing, sementara yang lain berada pada sisi low pressure sebagai contoh: inlet untuk water pump.

Coolant tergantung dari pabrik pembuatnya biasanya dapat di identifikasi dengan warna seperti pink, green, atau yellow tetapi warna tersebut tidak boleh digunakan sebagai patokan tingkat konsentrasi dari coolant. Coolant bisa saja masih berwarna cerah tetapi tingkat perlindungannya mungkin sudah tidak mencukupi.

Author: 

No Responses

Comments are closed.