Conventional Radiator

 artikel
loading...

Lepaskan kisi – kisi jeruji radiator ( radiator grill) dari machine. Tentukan arah aliran udara. Jika machine dilengkapi dengan blower fan, core harus dibersihkan dari arah yang berlawanan dengan fan. Jika machine dilengkapi dengan suction fan, core harus dibersihkan searah dengan arah fan radiator. Fan shroud harus dilepas untuk membersihkan core radiator yang menggunakan suction fan. Untuk membersihkan core yang kotor oleh debu, dedaunan, ranting kecil, jaring – jaring, sobekan kain katun, dll maka gunakan udara bertekanan sebesar 345 kPa (50 psi). Pegang nozzle dengan jarak kurang lebih 6 mm (1/4‖) dari sirip – sirip (fin).

Gerakkan secara perlahan nozzle ke arah atas dan ke bawah untuk membersihkan kotoran di antara pipa yang vertikal di core radiator. Biasanya, kotoran pada core radiator yang menggunakan blower fan akan lebih tebal dan lengket dibandingkan dengan kotoran pada core radiator yang menggunakan suction fan. Untuk memastikan kebersihan core radiator gunakan cahaya dari belakang radiator.

fan

Pada machine menggunakan blower fan, kotoran yang tebal terletak pada area A pada sudut bagian luar core radiator di sekitar fan. Area B pada core radiator merupakan perkiraan lokasi dimana aliran udara sangat tinggi sehingga lokasi tersebut mempunyai beberapa kotoran namun tidak setebal kotoran pada area A. Hal ini akan menyebabkan sebagian besar kotoran akan berada di baris ke dua dan ke tiga dari tube di radiator core. Area C dari radiator core adalah lokasi perkiraan dari fan hub.

Percepatan aliran udara sangat rendah di area ini dan akan tetap cukup bersih sepanjang waktu. Air bertekanan adalah merupakan cara yang sangat baik untuk membersihkan kotoran keluar dari radiator core. Pastikan tekanan air tidak terlalu tinggi karena dapat merusak fin pada radiator. Jika terdapat oli pada sirip radiator core, gunakan steam cleaner dan sabun untuk menghilangkannya. Gunakan udara bertekanan di workshop untuk menghilangkan kotoran yang mudah lepas sebelum menggunakan steam cleaner.

Beberapa material seperti kulit kayu red-wood atau serpihan kertas (biasanya ditemukan di tempat operasi penimbunan sampah) dan tipe material yang berserabut sangat susah dihilangkan. Jika diperlukan, lepas radiator core dari machine, gunakan udara dari workshop dan 70 steam cleaner. Pastikan core secara seksama dibersihkan sebelum dipasang di machine

Author: 

No Responses

Comments are closed.