Cara Membersihkan kontaminan pada sistem pendingin

 artikel
loading...

Ketika di dalam sistem pendingin terkontaminasi maka perpindahan panas dari komponen ke coolant dapat terhambat. Oli adalah kontaminan yang sering masuk kedalam system pendingin. Oli dapat masuk ke dalam system pendingin melalui oil cooler yang bocor. Karena tekanan pada system pelumasan lebih tinggi maka jika terjadi kebocoran oli akan masuk ke dalam system pendingin yang mempunyai tekanan lebih rendah.

danger-contamination-risk-keep-clear-

Ketika engine stop, coolant yang akan masuk ke dalam saluran oli karena tekanan pada system pendingin akan berkurang secara bertahap di bandingkan tekanan oli yang akan langsung turun ketika engine di matikan. Pengetesan dengan tekanan dapat di gunakan untuk mengetes kebocoran pada oil cooler. Dengan pengujian sample oli dapat mengetahui kandungan antifreeze atau kandungan air di dalam oli.

Setelah di ketahui berdasarkan pemeriksaan atau pengujian sample oli bahwa di dalam sistem pendingin terdapat kontaminan maka sistem pendingin harus dibersihkan dengan cara sebagai berikut:

  1. Buang semua coolant dari sistem pendingin.
  2. Isi sistem pendingin dengan air bersih.
  3. Start engine dan operasikan sampai thermostat terbuka.
  4. Tambahkan dua cangkir sabun tanpa busa. Gunakan automatic dishwasher soap dan jangan memakai sabun cuci biasa (Caterpillar Ref. SEBD0518).
  5. Operasikan engine selama dua belas menit. Periksalah secara visual kondisi coolant untuk mengetahui apakah masih ditemukan oli di dalam coolant.
  6. Jika kandungan oli masih ada didalam coolant, tambahkan dua cangkir sabun lagi dan operasikan engine selama sepuluh menit. Kemudian buanglah semua campuran yang ada di dalam sistem pendingin.
  7. Setelah system pendingin sudah kosong kemudian isi lagi sistem pendingin dengan air bersih. Periksa pada permukaan radiator apakah masih ada oli di dalam system pendingin. Jika oli masih ada, ulangi Step 3 sampai 7. Ketika air telah bersih, buang dan bilas sistem pendingin sekali lagi. Tambahkan coolant dan conditioner.

Author: 

No Responses

Comments are closed.