Cara membentangkan silinder lurus

 artikel, Gambar teknik
loading...

Apabila permukaan samping silinder lurus dibuka gulugannya  pada sebuah bidang, maka dasarnya membentang menjadi garis  lurus. Panjang garis ini yang sama dengan keliling penampang  lurus (πX garis tengah), dapat dihitung dan diukurkan sebagai  garis rentang 1D1D. Karena silinder itu dapat dianggap sebagai prisma bersegi  banyak, pembentangannya dapat dapat dibuat dengan cara  yang serupa dengan metode yang dilukiskan  elemen yang digambar pada permukaan silinder berfungsi  sebagai rusuk prisma segi banyak. Biasanya dipakai dua belas  atau 24 elemen ini, banyaknya tergantung dari ukuran silinder.

Pembentangan silinder

Pembentangan silinder

Biasanya elemen itu direnggangkan dengan membagi keliling  dasar, seperti diperlihatkan oleh lingkaran dalam tampang atas,  dalam bagian yang sama banyaknya. Garis rentang dibagi dalam  bagaian yang sama banyaknya dan elemen tegak lurus ditarik  melalui tiap-tiap titik bagi. Setelah itu panjang sejati tiap-tiap  elemen diproyeksikan pada gambaran yang bersangkutan pada  gambar bentangan, dan gambar bentangan gambar bentangan  dilengkapkan dengan menyambungkan titik-titik dengan garis  lengkung yang mulus. Ketika titik disambungkan dianjurkan  untuk mensketsa tangan garis lengkung danngan tipis sebelum  memakai alat mal gambar. Karena gambar permukaan yang  sudah jadi merupakan garis lengkung yang menerus, elemen dalam gambar bentangan tidak ditebalkan.

Pembentangan silinder lingkaran lurus

Pembentangan silinder lingkaran lurus dipotong miring

Kalau gambar  bentangan itu simetrik, seperti halnya disini, hanya  setengahnyalah yag perlu digambar.  Sepotong dari tipe ini dapat merupakan sebagian siku yang dua  potong, yang tiga potong atau yang empat potong.  Garis rentangan tiap-tiap potongan sama panjangnya dengan  perimeter (keliling) penampang yang dihitung.

Author: 

No Responses

Comments are closed.