Cara membaca vernier caliper dengan ketelitian 0,1 mm

 artikel
loading...

Setelah melakukan pengukuran pada benda kerja dan rahang atau sensor-sensor telah dikuncikan, maka segera kita mengeluarkan benda kerja dari sensor/rahang ukur, untuk seterusnya dilakukan pembacaan ukuran yang didapatkan. Sebagai contoh hasil pengukuran seperti diperlihatkan pada gambar di bawah ini.

Pembacaan pada vernier caliper

Pembacaan pada vernier caliper

Langkah pembacaan ukuran tersebut adalah sebagai berikut:

  • Baca pada skala utama vernier dan cari di mana posisi garis 0 pada skala nonius. Dalam gambar di bawah didapatkan bahwa garis 0 skala nonius menunjukkan angka di atas 19 dan di bawah 20 pada skala utama. Dengan demikian ukuran tersebut adalah 19 mm lebih, tetapi kurang dari 20 mm. sekarang kelebihan tersebut dicari dengan cara pada langkah ke dua.
  • Perhatikan sekarang pada skala vernier/nonius. Lihat garis mana pada skala noniu yang segaris dengan garis pada skala utama vernier caliper. Dalam gambar di atas ternyata kelima pada nonius segaris dengan garis pada skala utama. Keltelitian vernier caliper adalah 0,1 mm. Dengan demikian garis ke lima tersebut berarti: 5 x 0,1 = 0,5 mm.
  • Jadi ukuran yang ditunjukkan oleh vernier caliper seperti terlihat pada gambar di atas adalah: 19 mm + 0,5 mm = 19,5 mm.

Author: 

No Responses

Comments are closed.