Cacat Pada Produk Pembentukan

 artikel
loading...

Cacat merupakan hal yang tak diinginkan pada produk komponen lembaran-logam adalah terbentuknya retak yang akan merusak secara keseluruhan. Kegunaan komponen juga dapat dirusakkan oleh penyempitan setempat atau penipisan atau penekukan dan pengkerutan pada daerah tegangan tekan. Cacat lain adalah kegagalan untuk mempertahankan toleransi dimensi karena terjadi balikan pegas.

Pada penarikan dalam mangkuk, kegagalan yang paling sering terjadi adalah pemisahan dasar pada daerah yang mengalami penipisan paling besar yaitu di dekat lengkungan pons. Cacat ini dapat diminimumkan dengan cara mengurangi penipisan dengan pons yang jari-jari lebih besar atau memperkecil beban pons pada saat dilakukan penarikan. Jika terjadi retakan radial di flens atau pada pinggiran mangkuk, maka hal ini berarti bahwa logam tidak cukup ulet untuk menahan pengkerutan melingkar yang besar yang diperlukan di daerah tersebut. Jenis kegagalan ini lebih sering terjadi pada penarikan ulang tanpa pelunakan. Pengkerutan flens atau pinggiran mangkuk merupakan akivat dari penekukan lembaran yang disebabkan oleh tegangan tekan melingkar yang tinggi. Pada analisis tipe kegagalan ini, setiap elemen pada lembaran dapat dianggap sebagai kolom yang diberi beban tekan. Jika diameter bahan baku terlalu besar, beban dalam pounds akan sangat meningkat nilainya, dan dapat melampaui beban penekukan kritis kolom. Karena stabilitas kolom turun dengan meningkatnya perbandingan kerampingan, maka beban penekukan kritis akan dicapai pada beban yanglebih rendah untuk lembaran tipis. Untuk mencegah cacat ini, diperlukan pemakaian tekanan penekan yang cukup agar penekukan hilang.

Screenshot_184

Hub. Regangan Perentangan dengan Kurva Tegangan –Regangan

Komponen yang dibentuk dari logam lembaran biasanya memiliki luas permukaan yang besar, maka mudah terkena cacat permukaan yang mengurangi keindahan penampilan komponen tersebut. Kekasaran permukaan yang tampak jelah pada komponen yang mengalami deformasi yang cukup besar dinamakan keriput jerik (orange peeling). Efek keriput jerik terjadi pada logam lembaran berbutir agak kasar. Cacat ini hasil dari deformasi yang cenderung untuk terdeformasi secara tersendiri, dan karena itu butiran mencuat di permukaan, cara terbaik untuk mengatasi hal ini adalah menggunakan lembaran logam berbutir halus, sehingga deformasi-nya lebih seragam dan masingmasing butir sulit dibedakan dengan mata telanjang.

Author: 

No Responses

Comments are closed.