Aliran Turbulen

 artikel
loading...

Aliran diartikan sebagai pergerakan sejumlah zat cair dalam jangka waktu tertentu.  Zat cair dalam hidrolik dikurung dalam wadah tertentu, seperti hose, tabung (tube),  tangki dan komponen-komponen lainnya, sehingga aliran merupakan pergerakan  zat cair melalui wadah yang melingkupinya. Aliran biasanya ditulis dengan symbol huruf “Q”, dan biasanya dinyatakan dalam  liter per menit, atau LPM, namun juga dapat dinyatakan dalam sentimeter kubik per  menit (cm/mnt) atau per detik (cm/det).

aliran turbulen

Aliran turbulen terbentuk karena orifice

Pada kenyataanya, aliran dalam sistem hidrolik seringkali mengalami kekacauan di  dalamnya,. Meskipun zat cair bergerak pada arah yang ditentukan, namun zat cair  tersebut bergerak melalui media yang kecil, yang memiliki sudut -sudut tajam,  melalui orifice-orifice kecil, melewati tikungan yang tajam, dan bahkan semua  jalurnya berpotensi menimbulkan gangguan atas alirannya.

Partikel zat cair bergerak saling tumpang tindih dan bertubrukan satu sama lain,  yang menyebabkan terjadinya gesekan dan pergerakan yang tidak efisien. Laju aliran inilah yang disebut sebagai aliran turbulen, yang sangat tidak diinginkan dan  merugikan. Sayangnya, aspek ekonomi dan praktis dari tenaga zat cair yang  bergerak kebanyakan menghasilkan aliran yang turbulen dalam berbagai bentuk

Author: 

One Response

Comments are closed.