Alat pengukur radius

 artikel
loading...

Alat ukur ini khusus dibuat untuk mengukur besaran radius,  baik radius luar maupun radius dalam. Bahan pembuat perkakas ukur ini dari bahan baja perkakas dan kemudian  dikeraskan, setelah dibentuk menjadi beberapa ukuran radius  yang presisi atau standar. Masing-masing ukuran dibuat dengan sangat teliti, sehingga tidak mungkin akan terjadi hasil  pengukuran yang tidak presisi. Pelaksanaan pengukuran  dengan menggunakan mal radius ini adalah dengan membandingkan besar radius pada benda kerja dengan radius yang  ada pada alat ukur. Untuk itu benda kerja yang akan diukur  harus benar-benar bersih.  Sebagai contoh pemakaian alat ukur radius dapat dilihat pada  gambar di bawah ini, di mana alat ini digunakan untuk  mengukur radius dalam dan luar.

Pengukuran dengan mal radius

Pengukuran dengan mal radius

Alat ukur radius/mal radius dapat juga digunakan untuk  mengukur bagian sudut suatu benda kerja yang mempunyai  bentuk radius, setelah benda kerja tersebut dikerjakan dengan menggunakan peralatan/mesin seperti: dikikir atau skrap atau  dikerjakan/dipotong dengan menggunakan mesin frais dan  mesin bubut. Dalam pelaksanaan pengukuran tersebut bagian  permukaan benda kerja harus benar-benar bersih dari beram  atau kotoran lainnya.

Mengukur radius pada bagian sudut

Mengukur radius pada bagian sudut benda kerja

Alat ukur ini terdiri dari beberapa ukuran, di mana masingmasing bilah alat ukur ini mempunyai ukuran-ukuran tertentu.  Bilah-bilah dengan berbagai ukuran tersebut dijepit atau dirakit  menjadi satu, sehingga penjepit/rumah penjepitnya dapat  berfungsi sebagai tempat penyimpanan bilah ukur, maka ia  tidak boleh dihimpit dengan benda/alat lain yang berat, sebab  akan menyulitkan keluar masuknya bilah ukur. Sebaliknya  sebelum memasukkan bilah ukur pada rumahnya terlebih dahulu berilah pelumas pada masing-masing bilahnya.

Author: 

One Response

Comments are closed.