Alasan Kenapa Aluminium Banyak di Gunakan sebagai Material Teknik

 artikel, Ilmu Bahan

Aluminium adalah logam yang memiliki kekuatan yang relatif rendah dan  lunak. Aluminium merupakan logam yang ringan dan memiliki ketahanan  korosi yang baik, hantaran listrik yang baik dan sifat – sifat lainnya. Umumnya  aluminium dicampur dengan logam lainnya sehingga membentuk aluminium  paduan. Material ini dimanfaatkan bukan saja untuk peralatan rumah tangga, tetapi juga dipakai untuk keperluan industri, kontsruksi, dan lain sebagainya.

Aluminium ditemukan pada tahun 1825 oleh Hans Christian Oersted. Baru diakui secara pasti oleh F. Wohler pada tahun 1827. Sumber unsur ini tidak terdapat bebas, bijih utamanya adalah Bauksit. Penggunaan Aluminium antara lain untuk pembuatan kabel, kerangka kapal terbang, mobil dan berbagai produk peralatan rumah tangga. Senyawanya dapat digunakan sebagai obat, penjernih air, fotografi serta sebagai ramuan cat, bahan pewarna, ampelas dan permata sintesis

loading...

Terdapat beberapa sifat penting yang dimiliki Aluminium sehingga banyak digunakan sebagai Material Teknik, diantaranya

  • Penghantar listrik dan panas yang baik (konduktor).
  • Mudah difabrikasi
  • Ringan
  • Tahan korosi dan tidak beracun
  • Kekuatannya rendah, tetapi paduan (alloy) dari Aluminium bisa  meningkatkan sifat mekanisnya.

Aluminium banyak digunakan sebagai peralatan dapur, bahan konstruksi  bangunan dan ribuan aplikasi lainnya dimanan logam yang mudah dibuat dan  kuat. Walau konduktivitas listriknya hanya 60% dari tembaga, tetapi  Aluminium bisa digunakan sebagai bahan transmisi karena ringan. Aluminium  murni sangat lunak dan tidak kuat, tetapi dapat dicampur dengan Tembaga, Magnesium, Silikon, Mangan, dan unsur-unsur lainnya untuk membentuk  sifat-sifat yang menguntungkan. Campuran logam ini penting kegunaannya  dalam konstruksi mesin, komponen pesawat modern dan roket. Logam ini jika diuapkan di vakum membentuk lapisan yang memiliki reflektivitas tinggi untuk cahaya yang tampak dan radiasi panas. Lapisan ini menjaga logam dibawahnya dari proses oksidasi sehingga tidak menurunkan nilai logam yang dilapisi. Lapisan ini digunakan untuk memproteksi kaca teleskop dan masih banya kegunaan lainnya.

Author: 

No Responses

Comments are closed.