4 Prospek Kerja Jurusan Teknik Mesin

Menguasai tentang mesin motor, mobil, atau kegiatan otomotif sudah sering didengar dalam lulusan teknik mesin. Eits, tetapi jurusan teiknik juga mencakup tentang konversi energi, konstruksi dan perancangan, teknik produksi, sampai material. Jadi, prospek kerja lulusan teknik pun tidak melulu tentang mesin. Terlebih dalam perkuliahan jurusan teknik mesin juga berhubungan dengan ilmu fisika dan matematika. 

Lulusan teknik mesin harus menguasai pemahaman tentang matematika, fisika, teknik menggambar, meneliti, bekerja sebagai tim, melakukan analisis, dan lainnya untuk memperoleh  pekerjaan yang bagus. Dengan keahlian serta pengalaman yang mendukung, tentunya nilai jual diri pun akan meningkat serta bisa bersaing memperoleh prospek kerja yang berkualitas. Nah, ada beberapa prospek kerja jurusan teknik yang mumpuni, sebagai berikut:

  •  Teknisi serta operator mesin

Teknisi dan operator menjadi prospek kerja pertama bagi lulusan teknik mesin. Di mana Anda bisa bertugas mengoperasikan mesin dan melakukan perawatan, serta mampu memperbaiki kerusakan sampai mempersiapkan spare part mesin yang diperlukan. Dalam setiap perusahaan pun memerlukan teknisi yang dapat menjalankan mesin dengan baik guna memperlancar proses produksi sehingga aktivitas perusahaan berjalan lancar.

  • Sistem Analisis

Sistem analisis tidak hanya dikerjakan oleh orang IT saja, akan tetapi juga bisa dimasuki oleh lulusan teknik mesin. Walaupun begitu, sistem yang dimaksud merupakan sistem mekanis seperti mesin industri baja ataupun pengolah susu.

  • Industri bioteknologi

Sebagai lulusan teknik mesin, Anda juga bisa bekerja di industri bioteknologi. Bioteknologi adalah teknologi yang membantu proses peningkatan kualitas hidup pada manusia dengan menggunakan tenaga dari alam untuk membuat suatu produk terbaru. Dalam hal ini, lulusan teknik berperan untuk membuat alat kedokteran, farmasi, dan lainnya.

  • Teknik otomotif

Kemungkinan besar, lulusan teknik mesin akan ditampung dalam industri otomotif yang memiliki terdiri dari dua bidang, yaitu mekanik kendaraan dan perencanaan produk otomotif. Dalam hal ini, Anda bisa mengurus mesin yang ada di sepeda motor, mobil, maupun kereta. 

Nah, itulah 4 prospek kerja lulusan teknik mesin yang cerah dan sering menjadi cita-cita banyak orang. Jadi, jangan salah paham lagi dan meremehkan jurusan teknik karena teknik mesin tidak melulu berkaitan dengan mesin motor, mobil, dan lainnya. Akan tetapi, jurusan teknik mesin mencakup hal yang lebih luas lagi.