4 Fungsi Utama Fluida Hidrolik

 artikel
loading...

1

Fluida hidrolik dalam applikasinya mempunyai empat fungsi utama, yaitu :

  1. Sebagai penerus gaya
    Aplikasi fluida sebagai penerus gaya, fluida harus dapat mengalir dengan mudah melalui komponen-komponen salurannya. Terlalu banyak hambatan untuk mengalir, akan sangat besar tenaga yang hilang. Fluida sedapat mungkin harus mempunyai sifat tidak kompresibel sehingga gerakan yang terjadi pada saat pompa dihidupkan atau katup dibuka dengan segara dapat dipindahkan.
  2. Fluida sebagai pelumasan
    Sebagian besar pada komponen hidrolik, pelumasan bagian dalam disediakan oleh fluida cair. Elemen pompa dan komponen-komponen lain yang bergesekan saling meluncur satu dengan dengan lainnya, sehingga antara dua bidang yang melakukan gesekan itu perlu diberi lapisan film minyak, untuk menjaga agar dua bidang itu tidak terjadi kontak langsung atau bergesekan langsung. Untuk menjamin umur pemakian komponen hidrolik lebih lama, kandungan oli harus terdiri dari bahan-bahan tambah utama yang diinginkan untuk menjamin karakteristik anti keausan yang tinggi. Tetapi tidak semua oli hidrolik mesti mengandung bahan tambah. Perusahaan komponen hidrolik terkemuka VICKERS di AS memuji era baru industri oli hidrolik yang mengandung bahan tambah untuk menurunkan keausan dalam jumlah yang cukup. Untuk pelayanan hidrolik secara umum, jenis minyak oli hidrolik semavcam ini memberikan perlindungan yang baik terhadap pemakaian pompa dan motor, dan yang menguntungkan lagi adalah umur pelayanan pemakaiannnya panjang. Disamping oli memberikan campuran yang sangat bagus juga sifat perlindungan terhadap proses koorosi sangat baik pula. Jenis oli semacam ini dikenal sebagai oli anti keausan.
  3. Sebagai pengisi (sealing)
    Dalam hal tertentu, fluida adalah hanya sebagai pengisi (penutup) terhadap tekanan di dalam suatu komponen hidrolik.
  4. Sebagai pendingin
    Sirkulasi minyak oli melalui pipa-pipa penghantar dan seluruh dinding bak penampung (reservoir) akan menyerap panas yang ditimbulkan dalam sistem hidrolik. Disamping fungsi-fungsi utama diatas, fluida hidrolik akan lebih baik apabila memenuhi persyaratan-persyaratan, antara lain :
    • Mampu mencegah korosi atau kontaminasi
    • Mampu mencegah adanya pembentukan endapan, getah oli dan pernis
    • Tidak mudah membentuk buih-buih oli
    • Memelihara kestabilan dengan sendirinya, dengan cara demikian akan mengurangi ongkos penggantian fluida
    • Secara relatif mampu menjaga nilai kekentalan walau dalam perbedaan temperatur tinggi
    • Memisahkan kandungan air
    • Sesuai atau cocok dengan penyekat dan gasket yang dipakai pada komponen

Author: 

No Responses

Comments are closed.